.

.

PENGALAMANKU BETERNAK AYAM KATE


ayam kate
AYAM KATE. Siapa sih yang ga kenal ayam kate? Ayam kate adalah ayam pendek imut dan bikin gemes (hehe)… tapi hati – hati jangan salah memberi nama, jangan asal memberi nama ayam kate setiap ayam yang bentuknya imut. Selain ayam kate, ada juga ayam yang bentuknya imut dan lucu yaitu ayam serama.. ayam serama lebih kecil daripada ayam kate. Maaf ya di sini saya hanya mau sharing pengalamanku beternak ayam kate. Tujuannya supaya semua bisa mendapatkan gambaran jelas bahwa memelihara ayam kate itu tidak sulit.

Saya aga lupa tanggal berapa dan bulan apa, saya membeli sepasang ayam kate di pasar PASTY atau dulunya namanya pasar ngasem, sekarang letaknya jalan bantul. Saya terjun bebas ga ada panduan khusus, setelah beli sepayang ayam kate lalu saya beli kandang yang terbuat dari bamboo seharga 28.000 untuk rumah ayam kate tersayang.
Untuk pakannya tidak sulit ko cukup kasih jagung jam mau, kadang makan serangga kecil seperti belalang laron juga suka. Saya secara pribadi ga begitu memperhatikan apa yang dimakan ayam kate, makanan sepesial Cuma saya beri jagung, itupun kalo sempat. Minuman untuk ayam kate pertamaku air putih biasa tanpa vaksin atau kopi susu, semuanya serba biasa. Alhamdulillah ayam kate kesayanganku ngerti juga kalo aku ga banyak duit untuk beliin dia hamburger atau makanan berkelas lainnya, dan buktinya sampe sekarang masih hidup sehat wal afiat. Amin berdoa mulai….
Setelah beberapa hari terdengar suara petok – peto – petok, ayam katekyu ko gelisah? Apakah ini aksi demo karena jatah makannya ga diperhatikan?  Ternyata eh ternyata ayamnya udah nungging di sarangnya…mmmm rupnya mau bertelur.. yang jantanpun ga mau ketinggalan ikut nungguin, siapa tau ayam kate betina butuh bantuan ambulan karena harus sesar… . Naaah telur pertama udah keluar.. saya berteriak girang “yeaah aku punya telur ayam kate”.
Kini jumlah telur ayam kate kesayangan sejumlah 3 biji… anakku yang umur 2 dan 3 tahun sangat baik hatinya.. ga tega lihat telur ayam kate kelihatan kotor.. akhirnya tanpa sepengetahuan pihak keamanan.. diambilnya ke 3 telur ayam kate tersebut lalu dicuci dengan bersih… yakin, benar – benar bersih hasilnya, bukan Cuma kotoran yang lenyap, tapi juga telurnya ikut lenyap.. duh sedih hatiku.
Setelah kehilangan telornya.. ayam kate tetap bertelur ( ga kapok) sisa telur di perutnya ada 3 juga unik ya..nah 3 telur inilah yang dierami sampai saatnya menetas.
Masa menetas pun tiba.. pagi – pagi saya mendengat bunyi cuiit – cuiit dari dalam kandang.. wowo ternyata ada beby mungil keluar, jumlahnya 2 ekor. Yang satu masih dalam proses memecahkan cangkang telur. Mmm bakalan punya bebi nih sepasang suami istri ayam kate.
Ujian – demi ujian diberikan kepada ayam kate ini, ujian kali ini ada dua..yang pertama, seekor anak ayam kate jatuh dari kandangnya tanpa sepengetahuan saya.. ayamnya kedinginan dan menjadi lemas.. selang beberapa hari ayamnya wafat..(huhuhu). Ujian yang ke 2 anak ayam kate yang berusaha keluar dari cangkang telurnya kekurangan tenaga untuk memecah telurnya.. atau mungkin usianya belum cukup.. lalu apa yang terjadi.. anak ayam katenya juga gugur di medan tempur…(mendapatkan gelar pahlawan) dan sebagai tanda jasanya.. jenazahnya dikebumikan di dalam lubang buaya sumur samping rumah yang ga ke pakai… slamat jalan ayam kateku tersayang… semoga kau tenang di sana.
Teman – teman, kalo ayam kate kamu bertelur usahakan jangan biarkan kandangnya menjadi lembab, mungkin ini penyebab ayam kateku jadi premature dan meninggal. Dan usahakan juga kandang yang kita miliki mempunyai lantai yang rapat, sehingga beby ayam kate ga jatuh dan wafat.
Nah itu pengalamanku kawan, ternyata ga begitu ribet untuk memelihara ayam kate, cukup berikan sisa makanan kita, dan biarkan dia sendiri nyari makan di halaman.. toh ayam kate lebih tau makanan apa yang paling disukai.. aku pernah lho nyari cacing sampai lumayan banyak.. maksud hati mau ngasih kejutan untuk ayam kate di kandang.. eh ternyata ayam kate kesayangan kaga mau makan cacing, mungkin takut cacingan.. kaciaan dehh

OBAT BAU BADAN